Sunday, May 2, 2010

Khadijah binti Khuwailid Istri terkasih Rasulullah SAW.

Khadijah binti Khuwailid ibnu Asad ibnu Abdil Uzza ibnu Qushay – Kakek ke 4 bertemu dengan nasab Nabi

Suami pertama : Abu Halah meninggalkan 2 anak Hindun (laki-laki) dan Abu Halah

Suami kedua : Athik ibnu Ai`d al-Makzumi mempunyai putrid Hindun


Gelar Siti Khaadijah
: At-Thahirah = wanita suci

Khadijah orang paling dicemburui oleh Siti Aisyah :

Aku tidak pernah merasa cemburu kepada seorang wanita sebesar rasa cemburuku pada Khadijah. Aku tidak pernah melihatnya. Tetapi Rasulullah saw. Sering menyebut namanya. Pernah Beliau menyembelih seekor kambing, lalu memotong sebagian dagingnya dan menghadiahkannya kepada sahabat-sahabat Khadijah

Keistimewaan Khadijah :

Kata Siti Aisyah : Rasulullah hampir tidak pernah setiap keluar rumah tanpa menyebut dan memuji Khadijah. Hal ini membuatku cemburu. Bukankah ia seorang tua renta dan engkau telah diberi pengganti yang lebih. Mendengar itu beliau murka hingga bergetar bagian depan rambutnya.

Demi Allah, aku tidak pernah mendapat pengganti yang lebih baik daripada Khadijah. Ia yang beriman kepadaku ketika semua orang ingkar. Ia yang mempercayaiku ketika semua orang mendustakanku. Dan darinya aku memperoleh – sesuatu yang tidak kuperoleh dari istri-istriku yang lain. HR. Ahmad


Salam Dari Allah :


Malaikat Jibril mendatangi Rasulullah saw. Dan berkata : Wahai Muhammad, sebentar lagi, Khadijah akan membawa makanan dan minuman untukmu. Kalau ia datang, sampaikan kepadanya salam dari Allah dan aku.


Dikabarkan akan masuk surga :

R
asulullah bersabda : Aku diperintahkan untuk memberi khabar gembira kepada Khadijah bahwa akan dibangun untuknya di surga sebuah rumah dari permata, tak ada hiruk pikuk dan rasa lelah di sana.

Demikian sekelumit kemulyaan Siti Khadijah. Semoga Allah memberkahi siapa saja yang mengikuti jejak Khadijah dalam menopang misi dakwah Islam serta hormat dan patuh kepada suami demi mencari ridlo Allah.

No comments:

Post a Comment