Friday, May 27, 2011

Mahasiswa berorganisasi mendominasi dalam prestasi




Tak salah, jika seseorang dikatakan mahasiswa berprestasi  memiliki pengalaman segudang dalam berorganisasi.  Hal ini dibuktikan dengan para finalis – finalis mahasiswa berprestasi universitas riau 2011 yang notabene semua profilnya mempertunjukkan keaktifannya dalam suatu organisasi. Tidak bisa dipungkiri. Keberhasilan seseorang didalam suatu organisasi sangat mempengaruhi dari segi prilaku, managemen diri serta sudut pandang berfikir. Bagi seseorang yang tidak biasa berkancah didunia organisasi, otaknya masih sebatas dirundungi “rasa stress” dalam menghadapi suatu masalah yang bisa saja tingkat kesulitan permasalahnya superficial saja dan bersifat individual, memikirkan sendiri, mencari solusi sendiri, namun lain hal, bagi seseorang yang banyak menata hidup di suatu organisasi. Otaknya sudah mulai terbiasa untuk belajar menemukan suatu “solve” dari masalah yang akan timbul, yang timbul maupun yang sudah timbul  dengan prakiraan kemungkinan dan ditambah  pengalaman sebelumnya. Pastinya proses ini bekerja kompleks sejalan adaptasinya dari segala  proses pemanagemen diri dan waktu, sudut pandang serta prilaku yang mesti disesuaikan untuk disetting sedemikian rupa agar mampu bekerja dalam satu kesatuan dengan banyak orang.
                Mahasiswa yang berorganisasi. Mahasiwa yang mampu berfikir untuk kedepan, tidak hanya untuk diri sendiri namun untuk organisasi dan kontribusi ke masyarakat. Mempotensialkan diri di suatu organisasi merupakan titik awal untuk pencapaian suatu prestasi. Mungkin memang tidak dibidang akademis, namun “skill” ini memberikan kelebihan yang tidak akan ditemukan di sepanjang textbook manapun dan dijurusan manapun. Adakala mahasiswa yang bener – benar hebat diakademis, bisa dihitung jari yang dapat berhasil didunia organisasi. Suatu dunia yang diliputi oleh abanyak orang ini, Namun, bagi mahasiswa yang hebat dalam dunia organisasi, paling tidak, dia telah belajar memanajemen diri sendiri terlebih dahulu, mulai dari diri,waktu, membaca peluang, mecari ide, solusi sehingga dia akan mencoba untuk meniti akademisnya dengan kemampuan pemanajerial yang dia punya   serta ditunjang dengan kemampuan komunikasi intra maupun inter personal yang telah diasahnya di dunia “besar”nya itu.
                Mahasiswa berorganisasi adalah mahasiswa yang kompleks. Mahasiswa yang tau apa yang hendak dia capai untuk kedepan demi keberhasilanya.Memiliki visi dan misi untuk meniti karir dan prestasinya. Mahasiswa yang berprestasi, inovatif dan kreatif

No comments:

Post a Comment